Cara Mengatasi Insomnia Dengan Pengobatan Tradisional

cara-mengatasi-insomnia-dengan-pengobatan-tradisional
pixabay.com


Cara Mengatasi Insomnia Dengan Pengobatan Tradisional – Insomnia adalah gejala kelainan yang terjadi dalam tidur seseorang yang berupa masalah kesulitan berulang untuk tidur kembali atau mempertahankan agar tetap tertidur walaupun ada waktu luang atau kesempatan untuk tidur. Selain itu insomnia biasanya insomnia diikuti dengan gangguan fungsional ketika bangun tidur. Pada kasus ini biasanya insomnia sering disebabkan oleh adanya penyakit tertentu akibat adanay permasalahan psikologis.

Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan susah tidur , tidak bisa tidur nyenyak, atau tidur disertai bangun berulang kali. Penyebabnya adalah depresi, tekanan, cemas, perubahan gaya hidup, perubahan rutinitas sehari-hari, kecanduan alkohol atau obat-obatan, dan kondisi kesehatan yang tidak stabil.

Pengobatan Herbal Insomnia. Tanda dan Gejala Insomnia :

  • Mudah emosi
  • Tangan berkeringat
  • Kesulitan dalam hal mengingat, konsentrasi maupun dalam membuat sebuha keputusan
  • Kelelahan yang berlebihan
  • Sakit kepala, nyeri leher dan pegal pada bagian punggung
  • Perubahan waktu dan pola tidur
  • Napas tersengal-sengal serta detak jantung yang tidak stabil
  • Diantara gejala insomnia adalah merasa tidak nyaman ketika memasuki tempat tidur, tidak ada keinginan untuk tidur, bangun sangat awal di pagi hari, dan tidak dapat kembali tidur lagi.

Pencegahan Insomnia

Untuk menangani gangguan kejiwaan harus diketahui riwayat kesehatan pada penggunaan obat-obatan, mempertimbangkan efek samping obat, serta mengatur jam kerja dan waktu tidur. disarankan membuat jadwal tertulis untuk semua itu.

Cara Mengatasi Insomnia Dengan Pengobatan Tradisional

Valerian

Valerian membuat senyawa benzodiazide seperti valium tanpa efek samping. valerian adalah herbal yang aman dan efektif. Herbal tersebut dapat dibuat minuman dengan cara memasukkan satu sendok bubuk herbal untuk secangkir air mendidih dan diminum sesaat sebelum tidur untuk memperbaiki kualitas tidur. bisa juga diminum di siang hari untuk membuat lebih nyaman.

Lemon balm

Lemon balm mengandung terpene, yaitu bahan kimia yang mempunyai efek menenangkan, bekerja mengatasi ketidakmampuan untuk masuk kedalam proses tidur atau ketidakmampuan untuk tidur nyenyak. Untuk membuat minuman herbal dari lemon balm, masukkan dua sendok makan lemon balm kering ke dalam secangkir air mendidih. Herbal ini dapat dibuat menjadi minuman yang telah kental (konsentrat) dengan menambah dosis. Takarannya beberapa sendok teh lemon balm untuk secangkir air dan diminum sebelum tidur.

Putri Malu

Cara mengatasi insomnia dengan tanaman putri malu. Mengapa putri malu? Karena tanaman ini dapat memberi manfaat yang baik untuk mengatasi masalah susah tidur. Untuk itu tanaman putri malu ini cocok sebagai cara mengatasi insomnia, caranya yaitu dnegan menyiapkan 30-60 gram daun putri malu yang sudah direbus kemudian minumlah air rebusan tersebut. 

Cara lain untuk membuat obat insomnia ini adalah dengan cara mencampurkan sekitar 15 gram daun putri malu dan daun calincing setelah itu direbus. Lalu air rebusan tadi diminum.

Namun yang perlu anda perhatikan dalam mengkomsumsi obat insomnia dari putri malu ini, karena penggunaan akar dari putri malu dengan dosis yang tinggi akan menyebabkan keracunan serta muntah-muntah. Dan penggunaan obat insomnia itu juga dilarang untuk ibu hamil karena air rebusan putri malu tadi dapat mengakibatkan kematian pada janin yang terkandung.

Lavender

Dalam minyak levender ada bebrapa yang memengaruhi membran sel dan menghalangi interaksi antarsel. Minyak herbal ini juga memperlambat transmisi impuls saraf yang membantu mengurangi stres dan membuat tidur lebih pulas.

Catnip

Catnip mengandung nepatalactone, yaitu zat yang mirip obat penenang seperti valepotriates dan bornyl esters. Minumlah herbal ini sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Campuran Jintan Hitam, Ketumbar, Daun Pegagan dan Daun Kangkung
Keempat bahan tersebut dapat digunakan sebagai cara mengatasi insomnia dengan pengobatan tradisional, caranya yaitu :
  • Sediakan 3 gram jinten hitam
  • 5 gram ketumbar
  • 10 gram daun pegagan
  • 50 gram daun kangkung
  • Dan air putih secukupnya
  • Tumbuklah hingga halus jinten hitam dan ketumbar
  • Lalu rebuslah semua bahan tersebut hingga matang
  • kemudian saring ramuan tersebit hingga tersisa ainya saja
  • Minumlah ramuan tersebut yang sudah disaring

Dan lakukan metode ini berulang-ulang hingga mulai ada perubahan dan berkurangnya insomnia.

Hop

Hop digunakan untuk mengobati insomnia karena mengandung zat methyl biotinol yang mempunyai efek menenangkan pada sistem saraf pusat.

Ketumbar

Ketumbar adalah rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur. Tumbuhan ketumbar ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar laut Kaspia, ada beberapa jenis makanan Indonesia menggunakan ketumbar sebagai bumbu masakan. Selain itu ketumbar juga bermanfaat untuk mengatasi permasalahan insomnia, membantu sistem pencernaan, mengatasi diare dan kurang kadar gula darah. 

Namun anda dapat menggunakan ketumbar untuk mengatasi insomnia dengan cara Haluskan ketumbar dan buatlah herbal seperti teh. Kemudian, diminum sesaat sebelum tidur untuk mencegah insomnia dan membantu mendapatkan tidur nyenyak.

Jika anda sudah melakukan cara mengatasi insomnia dengan pengobatan tradisional dia atas namun tetap tidak ada perubahan, maka anda diwajibkan untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter agar mendapat saran yang lebih baik dan kemungkinan akan diberikan obat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Insomnia Dengan Pengobatan Tradisional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel